Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Ikan Sebelah, Sisa Ikan yang Dimakan Nabi Musa

ikan sebelah
Ikan Sebelah


Flatfish atau yang sering disebut ‘Ikan Sebelah’ ini dikenal sebagai sisa ikan yang dimakan Nabi Musa. Sebab, ikan ini memiliki bentuk yang unik dan aneh.

Dalam agama Islam, Ikan Sebelah dikisahkan sebagai bekal yang dibawa Nabi Musa saat hendak mencari Nabi Khidir. Ikan tersebut sudah dimasak dan dimasukkan ke dalam wadah sebagai bekal dalam perjalanan.

Saat beristirahat di suatu tempat, Nabi Musa memakan sebagian bekalnya untuk mengganjal perut, setelahnya ia memutuskan untuk tidur. Tidak disangka, ikan yang sudah dimakan Nabi Musa itu hidup kembali dan mencari jalan menuju laut.

Selepas beristirahat, Nabi Musa meneruskan perjalananannya mencari Nabi Khidir. Kemudian, di tengah perjalanan Nabi Musa merasa lapar kembali dan bermaksud memakan sisa bekalnya tadi. Ternyata, setelah wadahnya dibuka,sisa ikan yang sudah dimakan tadi sudah tidak ada.

Cerita tentang Ikan Sebelah yang dikaitkan dengan Nabi Musa ini ternyata memiliki fakta menarik, lho. Dinukil dari beberapa sumber, ini lima faktanya:

1. Kisahnya tertulis dalam Al-Qur’an

Cerita mengenai Ikan Sebelah dan Nabi Musa ini ternyata bukan sekedar bualan masyarakat semata. Melainkan, Allah swt telah menuliskannya dalam Al-Qur’an surah Al-Kahf ayat 60-61, artinya:

“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun”. Maka tatkala mereka sampai ke pertemuan dua buah laut itu, mereka lalai akan ikannya, lalu ikan itu mengambil jalannya ke laut itu.”

2. Berukuran Sejari Tangan dengan Panjang Mencapai 3 Meter

Berbeda dengan ikan pada umumnya, Ikan Sebelah hanya berukuran sejari tangan. Bentuknya pipih dan panjangnya mencapai tiga meter.

3. Dua Bola Mata yang Bisa Bergerak Lawan Arah

Ikan Sebelah mempunyai dua mata yang menonjol keluar dan berada di atas kepala. Berbeda dengan ikan pada umumnya yang kedua matanya terletak di sisi samping kanan dan kiri.

Ikan Sebelah tak bisa secara langsung melihat dengan tepat area dibawah tubuhnya, tetapi bola matanya bisa bergerak melihat ke arah yang berlainan. Gerakan ini memungkinkan ‘Ikan Sebelah’ memiliki bidang pandang yang lebih luas.

4. Warna Tubuh yang Berbeda

Tubuh Ikan Sebelah memiliki warna yang berbeda, yakni sisi yang lebih gelap dan sisi lainnya berwana sedikit terang. Perbedaan warna tubuh ini membuat Ikan Sebelah mudah melakukan penyamaran apabila merasa terancam.

Ikan Sebelah hanya butuh waktu sekitar dua sampai delapan menit untuk benar-benar menyatu dengan lingkungan sekitar. Tak hanya untuk melindungi diri, ternyata penyamaran yang dilakukan Ikan Sebelah juga digunakan untuk mencari mangsa.

5. Memiliki Kandungan Protein Tinggi

Menurut para peneliti, Ikan Sebelah amat penting secara komersil. Pasalnya, ikan ini dikatakan mengandungi kandungan nutrisi yang cukup tinggi disamping memiliki rasa yang lezat. Oleh karena itu, Ikan Sebelah banyak dikonsumsi sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan otak. 

Sumber: wartabromo

Post a Comment for "Fakta Ikan Sebelah, Sisa Ikan yang Dimakan Nabi Musa"