Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Balut Egg, makanan aneh khas Filipina dan Vietnam yang terbuat dari embrio bebek

Balut Egg Makanann Aneh - Banyak dari kita pastinya menyukai makanan dengan hasil olahan dari telur bebek baik itu telur yang dimasak atau telur mentah yang biasanya diminum dengan jamu.

balut egg makanan khas vietnam yang aneh

Balut Egg

Berbeda halnya dengan di Filipina, sebagian orang disana ternyata lebih menyukai telur bebek yang telah dierami induknya dan sudah terbentuk embrio. Makanan aneh yang amat menjijikkan ini disebut dengan Balut.


Balut adalah jenis makanan aneh yang sangat ekstrem dan juga khas di Filipina. 

Cara membuat balut

Balut adalah telur bebek yang embrionya sudah berumur 16-21 hari dan yang paling banyak dikonsumsi adalah balut yang sudah berumur 17 hari.

Untuk menyajikan balut ini, telur bebek direbus selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu, cangkang telur bebek ini dibuka sampai terlihat paruh, sayap hingga bulu bebek yang hampir jadi.

Sebelum dimakan, balut biasanya ditambahi dengan taburan garam terlebih dahulu, dibubuhi bubuk cabai, bawang putih sampai cairan cuka. Yang pertama dilakukan saat akan mengkonsumsi balut adalah menyeruput  sisa sisa cairan yang ada di dalam telur bebek.

Rasa Balut


Kebanyakan turis menyerah dan muntah saat melihat makanan dari embrio bebek ini. Namun ada juga yang tertantang untuk merasakan sensasi rasa dari telur yang hampir menetas tersebut. Para warga atau penduduk setempat biasanya memakan balut dengan meminum minuman bir.

Balut ternyata tidak hanya terkenal di Filipina saja, mayoritas penduduk Vietnam juga pernah dan gemar makan makanan aneh dari embrio bebek ini. Dalam bahasa Vietnam makanan aneh ini dinamai Trứng vịt lộn atau Hột vịt lộn.

Di Negara Asia Tenggara lainnya yaitu Kamboja, telur itik yang berisi embrio yang hampir sempurna yang kemudian direbus dan dijadikan makanan ini dikenal dengan nama Pong tea khon.

Balut ini dipercaya memiliki kandungan protein yang kadarnya disebut sangat lebih tinggi daripada telur ayam biasa. Balut mudah sekali ditemukan di warung makan tradisional di Filipina. Makanan aneh ini dijual dengan harga sekitar Rp10 ribu perbutirnya.

Apakah anda tertarik untuk mencobanya di rumah?

Post a comment for "Balut Egg, makanan aneh khas Filipina dan Vietnam yang terbuat dari embrio bebek "