GfO5Tfd5TfO8BSr9GpdpGpW7Td==

Download Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK Pdf

 

Download Perpres No 98 tahun 2020 Pdf gaji tunjangan pppk

Download Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK


Download Perpres No 98 tahun 2020 Pdf

Peraturan Presiden Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK telah ditandatangani Presiden Joko Widodo tertanggal 28 September 2020.

Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK ini diterbitkan untuk menjalankan ketentuan Pasal 100 Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020  tentang Gaji dan Tunjangan PPPK yang ditandatangani Presiden Joko Widodo ini merupakan regulasi yang sudah ditunggu-tunggu sekitar 51 ribu honorer Kategori-2 (K2) yang telah lulus seleksi pada bulan Februari 2019 tahun lalu.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertcntu dalam rangka melaksanakan tugas jabatan pemerintahan.

Pelaksanaan pengadaan calon PPPK harus mempertimbangkan kriteria tertentu. Kriteria tersebut adalah jumlah dan jenis jabatan, waktu pelaksanaan, jumlah instansi pemerintah yang dibutuhkan, dan wilayah persebaran.

Pengadaan calon PPPK dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah. Penilaian dilakukan secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, kebutuhan Instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan.

PPPK diangkat dalam jabatan tertentu untuk melaksanakan tugas jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Jabatan Aparatus Sipil Negara yang dapat diisi oleh PPPK adalah Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) dan Jabatan Fungsional (JF).

Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) adalah sekelompok jabatan tinggi pada instansi pemerintah. Sedangkan Jabatan Fungsional (JF) adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas yang berkaitan dengan pelayanan fungsional tertentu.

Gaji PPPK

Gaji PPPK adalah imbalan dalam bentuk uang yang wajib dibayarkan oleh pemerintah secara adil dan layak kepada PPPK sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab, dan resiko pekerjaan.

PPPK yang diangkat untuk melaksanakan tugas jabatan tertentu diberikan Gaji yang besarannya didasarkan golpngan dan masa kerja golongan.

Besaran gaji PPPK merupakan besaran Gaji sebelum dikenakan pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak penghasilan.

PPPK juga dapat diberikan kenaikan Gaji berkala atau kenaikan Gaji istimewa yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Besaran kenaikan Gaji berkala atau kenaikan Gaji istimewa berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 ini.

Ketentuan kenaikan Gaji berkala atau kenaikan Gaji istimewa ini lebih lanjut akan diatur dengan Peraturan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara.

Tunjangan PPPK

PPPK yang diangkat untuk melaksanakan tugas jabatan diberikan tunjangan sesuai dengan tunjangan Pegawai Negeri Sipil pada Instansi Pemerintah tempat PPPK bekerja.

Tunjangan PPPK sebagaimana dimaksud terdiri atas :

  1. tunjangan keluarga;
  2.  tunjangan pangan;
  3. tunjangan jabatan struktural;
  4. tunjangan jabatan fungsional; atau
  5.  tunjangan lainnya.

Besaran tunjangan PPPK diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang tunjangan sebagaimana yang berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil.

Gaji dan Tunjangan bagi PPPK yang bekerja di Instansi Pusat dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Sedangkan gaji dan tunjangan bagi PPPK yang bekerja di Instansi Daerah dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Gaji dan Tunjangan yang diterima PPPK dikenakan pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak penghasilan dan tidak ditanggung oleh pemerintah.

Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK ini berlaku sampai dengan diberlakukannya ketentuan mengenai gaji dan tunjangan yang berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

DOWNLOAD DISINI

Demikianlah info terbaru mengenai Peraturan Presiden Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari Link Download Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK Pdf.

Comments0

Type above and press Enter to search.