GfO5Tfd5TfO8BSr9GpdpGpW7Td==

Ternyata ini Manfaat Tanaman Hias Aglonema! Pantas Saja Banyak Dicari Masyarakat

Salah satu jenis tanaman hias yang paling dicari saat ini adalah Aglonema. Tanaman hias bernama lain Sri Rezeki ini bisa bertahan hidup meskipun minim sinar matahari.

manfaat tanaman hias bunga aglonema
Aglonema

Hal itu disebut-sebut menjadi alasan aglonema banyak diminati dan tengah menjadi tren untuk bisnis.

Namun tidak hanya itu, ada beberapa alasan lagi yang perlu diketahui kenapa harus membeli tanaman yang dalam bahasa Indonesia ini disebut Sri Rejeki.

Di belahan dunia lain tanaman ini disebut juga Chinese Evergreen. Nama itu sebagai simbol bahwa orang China adalah yang pertama kali membudidayakannya.

Daya tarik utama tanaman ini terletak pada keindahan daun-daun yang berwarna dan punya motif yang variatif. Sebab tanaman ini bisa hidup meski dengan cahaya matahari yang minim, maka dari itu sangat cocok bila anda memeliharanya di dalam rumah (indoor).

Kehadiran tanaman ini di dalam ruangan juga dapat memberi impresi keanggunan yang menyejukkan bagi orang-orang yang memandangnya.

Keindahan sosok tanaman ini membuat popularitasnya tidak hanya dikenal di kawasan Indonesia atau Asia Tenggara saja, melainkan belahan bumi yang lainnya.

Di kawasan Eropa dan Amerika Serikat, tanaman ini juga sudah lama dikenal sebagai tanaman hias dan digunakan dalam ruangan. Kendati demikian, ada perbedaan selera antara penggemar aglonema dari daratan Eropa dan Amerika Serikat dengan Asia.

Penggemar aglonema dari Eropa dan Amerika Serikat disebut-sebut lebih suka memelihara aglonema yang berwarna hijau atau dominasi nuansa hijau, sedangkan pencinta aglonema Asia cenderung menyukai yang jenisnya berwarna terang, seperti oranye, kuning, atau merah.

Aglonema diyakini berasal dari daratan Asia menyebar dari wilayah China bagian selatan, Thailand, Birma, Indonesia hingga Filipina. Habitat asli sang tanaman adalah seperti di bawah tajuk rindangan hutan dengan intensitas cahaya yang rendah.

Tanaman ini termasuk dalam famili Araceae, sama dengan tanaman seperti Dieffenbachia, Colocasia, Alocasia, Philodendron, dan Anthurium.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman berbiji satu atau monokotil. Seperti tanaman monokotil lainnya, Aglonema memiliki akar serabut. Akar ini selain berfungsi sebagai perekat tanaman pada media tumbuh untuk tumbuh tegaknya tanaman.

Selain itu, akar serabut berfungsi sebagai organ untuk menyerap dan mentransportasikan air dan nutrisi dari dalam media tumbuh.

Akar juga berfungsi untuk sistem metabolisme dalam tubuh tanaman. Akar tanaman aglaonema berbentuk silinder, berwarna putih hingga putih kekuningan dan sukulen.

Sementara batang tanaman aglonema berbentuk silinder, tidak berkayu, berwarna putih, hijau atau merah, dan berbuku.

Setiap buku pada batang mempunyai satu mata tunas yang berpotensi untuk tumbuh menjadi percabangan baru bila kondisi memungkinkan. Bentuk daun bervariasi dari oval hingga lanset (lanceolate) dengan susunan tulang daun menyirip.

Alasan Aglonema Banyak Diminati

Setidaknya ada 4 alasan aglonema banyak diminati, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mudah Beradaptasi

Tanaman hias aglonema bisa hidup meski hanya dengan sinar matahari yang sedikit. Ini karena aglonema memiliki akar serabut sehingga bisa menyimpan zat hara lebih banyak.

Namun perlu diketahui bahwa tanaman aglonema pun banyak jenisnya. Tidak semua jenis tanaman aglonema bisa hidup dengan baik dengan sinar matahari minim. Cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis aglonema yang cocok dengan Anda sebelum memutuskan membelinya.

2. Dapat Dirawat di Dalam Rumah

Aglonema jenis nitidum, modestum, cutclass, emerald bay, silver queen, dan red gold bisa hidup dengan sinar matahari minim dibandingkan jenis aglonema lainnya. Dengan demikian, jenis tersebut bisa dijadikan rekomendasi tanaman hias indoor atau ditaruh di dalam rumah.

Anda hanya perlu pot untuk meletakkannya. Bahkan juga bisa mengkreasikannya sebagai tanaman hias gantung dengan meletakkannya di pot yang dipaku di tembok.

3. Menetralkan Udara Kotor

Sebagaimana fungsi tanaman pada umumnya yang menyerap karbon dioksida (CO2) sebagai pembentukan zat hijau daunnya, hal ini juga berlaku bagi aglonema.

Aglonema dapat menyerap gas berbahaya melalui pori-pori di daunnya, menyaring dan membersihkan formaldehyde dan benzene udara yang Anda hirup setiap hari.

Selain membersihkan udara, Aglonema juga sangat ideal diletakkan di kamar, sudut rumah, atau kantor sebagai tambahan sentuhan dekorasi yang bagus sekaligus meningkatkan suasana cerah dalam ruangan.

4. Bisnis yang Menjanjikan

Sebagi salah satu tanaman hias yang perawatannya tidak perlu neko-neko, tentu anda tidak akan mengeluarkan sangat banyak modal dalam mengurusnya. Memang harga aglonema cukup mahal, namun jika serius membudidayakannya, Anda berpeluang mendapat untung yang besar.

Ini karena manfaat ganda yang ditawarkan tanaman hias aglonema: selain mempercantik ruangan, juga menghilangkan polusi udara di ruangan. Tak ayal caruk pasar aglonema bisa dibilang cukup luas baik dari kalangan atas hingga menengah banyak yang tertarik dengan tanaman ini.

5. Dipercaya Tanaman Hoki

Tanaman hoki Benar atau tidak tentu tergantung pada pemilikya, namun banyak yang percaya bahwa aglonema atau sri rezeki merupakan satu tanaman hoki.

Itu adalah beberapa alasan aglonema banyak diminati. Kendati aglonema mudah tumbuh dan tak memerlukan perhatian ekstra, pemilik juga perlu ketekunan dalam merawatnya agar keindahan bunga aglonema tetap terpancar.***

Comments0

Type above and press Enter to search.