Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Siapkan diri mulai sekarang! Lowongan CPNS akan kembali dibuka pada 2021 dengan formasi 1 juta Guru

Formasi Pendaftaran Lowongan Tes CPNS 2021
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo

CPNS 2021 - Penerimaan dan pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada tahun 2021 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa formasi untuk penerimaan CPNS 2021 masih terbatas.

Namun demikian ia menyebut formasi yang dibuka nanti sangat dibutuhkan hingga ke tingkat desa. Seperti guru, bidan, perawat, dokter, penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh pekerjaan umum.

Menurut Tjahjo untuk guru formasi yang dibutuhkan sekitar 1 juta, sementara penyuluh di bidang kesehatan sekitar 200 ribu CPNS.

"Satu desa, kecamatan itu harus ada ASN yang menjadi penyuluh, ada yang kesehatan menyangkut skala prioritas dan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM," ujar Tjahjo saat peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Tjahjo menambahkan untuk tahun ini pemerintah akan menyelesaikan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) yang terhambat lantaran pandemi Covid-19.

Menurut Tjahjo secara prinsip seleksi P3K sudah selesai, namun terdapat realokasi anggaran untuk penanganan pendemi Covid-19. Pihaknya kini sedang mengajukan anggaran untuk menyelesaikan seleksi P3K.

Di sisi lain, Tjahjo juga menyinggung misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait reformasi birokrasi dalam membangun pemerintahan yang efektif dan efisien.

Hal itu termasuk penyederhanaan eselon III, IV, serta V menjadi jabatan fungsional.

"Selama empat tahun mudah-mudahan selesai, termasuk perencanaan dalam rekrutmen kepegawaian kita," ujar Tjahjo. (kompas.tv)

Post a comment for "Siapkan diri mulai sekarang! Lowongan CPNS akan kembali dibuka pada 2021 dengan formasi 1 juta Guru"