GfO5Tfd5TfO8BSr9GpdpGpW7Td==

Alhamdulillah, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Akan Gelar Sholat Idul Fitri Berjamaah

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh gelar Sholat Idul Fitri berjamaah. Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh menyatakan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh menggelar sholat Idul Fitri dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri berjamaah, baik di masjid maupun lapangan, juga sesuai dengan Tausiah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Nomor 5 Tahun 2020 terkait ibadah di bulan Ramadhan.

"Masjid di Aceh, termasuk Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, telah menyatakan akan melaksanakan Sholat Idul Fitri yang (diperkirakan) jatuh pada pada Minggu (24/5/2020)," kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr EMK Alidar di Banda Aceh, Kamis (21/5/2020).

"Tausiah tersebut, di antaranya memuat soal pelaksanaan Sholat Idul Fitri boleh dilaksanakan secara berjamaah. Namun, tausiah itu juga tidak melarang warga yang ingin beribadah Sholat Id di rumah," katanya.

Tausiah MPU Aceh Nomor 5 Tahun 2020 menetapkan 13 poin hasil rapat pimpinan yang mengatur tata cara pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan dan kegiatan keagamaan lainnya di Tahun 1441 Hijriah.

"Di antaranya meminta setiap komponen masyarakat untuk bertaubat dan meningkatkan ibadah dengan sungguh-sungguh, baik di masjid, meunasah, maupun di rumah-rumah dengan tetap waspada dan memperhatikan protokol kesehatan dan arahan pemerintah," kata Alidar.

Alidar meminta kepada seluruh masyarakat Aceh yang tetap ingin melaksanakan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di masjid maupun lapangan diminta menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah COVID-19, seperti mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, memakai masker dan tidak berjabat tangan.

Selain itu, pengurus masjid juga diminta menyediakan wastafel di halaman masjid agar jamaah bisa dengan mudah mencuci tangan.

Terkait pelaksanaan Sholat Id di Masjid Raya Baiturrahman, pihaknya sudah melakukan rapat dengan sejumlah pihak, seperti Imam Besar MRB Prof Dr Tgk H Azman Ismail, MA, Kepala UPTD MRB Tgk H Ridwan Johan, Kadis Syariat Islam Aceh EMK Alidar, Kepala Biro Isra Setda Aceh Zahrul Fajri, Plt Kakanwil Kemenag Aceh Djulaidi Kasim.

"Berdasarkan rapat tersebut, pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan," demikian Kadis Syariat Islam Provinsi Aceh. (Antara)

Type above and press Enter to search.