Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa

Bau mulut paling sering dialami oleh setiap orang saat berpuasa. Tidak jarang seseorang menjadi tidak percaya diri dalam berinteraksi dan berbicara dengan orang lain ketika berpuasa.

Cara menghilangkan bau mulut orang berpuasa

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bau mulut. Mengonsumsi berbagai jenis buah serta melakukan perawatan terhadap mulut bisa menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Cara menghilangkan bau mulut 


Berikut tips atau cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa seperti dikutip dari detik.com.


1. Sikat gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama adalah dengan menyikat gigi. Menyikat gigi setelah sahur bisa mencegah sisa makanan yang tersangkut di mulut dan bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Kamu harus sikat gigi dengan menyeluruh dan menjangkau seluruh bagian mulut, tidak terkecuali sela-sela gigi. Dengan menyikat gigi setelah sahur, kamu bisa menghindari bau mulut.

2. Kumur-kumur dengan baking soda

Berkumur dengan air yang telah ditambahkan 1/4 sendok baking soda bisa membuat mulut terasa lebih segar selama berpuasa. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon yang dapat menghindarkan kamu dari bakteri yang menyebabkan bau mulut. Dengan cara satu ini, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih percaya diri.

3. Bersihkan lidah

Menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan membersihkan lidah. Jadi semua bagian di dalam mulut memang harus dibersihkan, termasuk lidah. Ketika menyikat gigi, kamu juga harus sekalian membersihkan lidah karena bakteri penyebab bau mulut juga bisa berkembang biak di bagian lidah.

Sekarang sudah banyak alat pembersih lidah yang dijual di toko-toko terdekat. Pastikan setiap akan membersihkan lidah, alat pembersih lidahmu harus higienis.

4. Minum teh hijau

Teh hijau selain enak juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Dengan kandungan zat antioksidan, teh hijau bisa meruntuhkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bahkan dapat menghilangkan plak dari gigi.

5. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa mencegah bau mulut saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur secara alami juga dapat melindungi gigi dari plak.

Kamu bisa mengkonsumsi buah pir, jeruk atau lemon, tomat, apel untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut supaya tetap percaya diri menjalani puasa Ramadan. (bantennews)