Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Budidaya Jamur Tiram di Lahan Kecil, Pemuda Bireuen ini Raih Omzet Rp8 Juta Perbulan

budidaya jual jamur tiram putih di bireuen aceh
Muhammad, SP 

Mengisi waktu luang dengan mengembangkan usaha budidaya jamur tiram, pemuda ini perbulannya mendapatkan omzet hingga Rp 8 juta.

Muhammad (29), Mahasiswa Jurusan Pertanian lulusan Universitas Almuslim Bireuen ini memanfaatkan ilmu yang diperolehnya dengan melakukan pembudidayaan jamur tiram bersama temannya di Desa Ulee Pusong, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen.

Muhammad pembudi daya jamur tiram menuturkan kisah kesuksesannya, dengan modal seadanya, perlahan Ia memulai bisnis budidaya jamur tiram tersebut secara mandiri dengan memanfaatkan halaman belakang rumah dengan luas kumbung kurang lebih 4x3 meter dan menampung 1000 baglog (media tanam).

jual baglog jamur tiram
Baglog Jamur Tiram yang juga dijual jika ada yang membutuhkan
Bibit jamur tiram dipesan dari Medan, Sumatera Utara dan semua proses pembuatan media tanam jamur Ia kerjakan sendiri.

Jamur tiram putih yang dibudidayakannya sekarang bisa menghasilkan 8 sampai 10 kilo per sekali panen.

“Waktu panen dua kali sehari, pagi dan sore, jadi tidak usah menunggu lama,,” sebutnya.

Harga jamur tiram per kg

Muhammad mematok harga jamur mentah 1 kilogram mencapai Rp 50 ribu. Namun, ia juga menawarkan untuk pembelian persetengah kilo.

Selain menjual jamur mentah, ayah satu anak ini juga menjual baglog (media tanam) jamur tiram, dengan begitu para pecinta jamur tiram bisa membudidayakan dan memanen sendiri di rumah tanpa harus membuatnya dari awal.

Dari bisnis budidaya jamur yang digagasnya sejak awal 2018 lalu itu, Muhammad kini bisa meraih omzet hingga Rp8 Juta Perbulannya.

“Pemesannya masih ibu rumah tangga sekitar Bireuen, Aceh Utara dan Lhokseumawe juga. Untuk sehari habislah 5 kg jamur perharinya, tapi kadang tidak pasti, bisa lebih juga sih,” ujar Muhammad.

“Kalau untuk omzet sekitar Rp 8 juta/bulan. Tidak menentu,” sambungnya.

Makanan jamur tiram memang cocok untuk pengganti konsumsi daging dalam sehari – hari. 

“Jamur tiram adalah makanan yang sehat dan bebas kolesterol, serta dapat mengganti peranan daging dalam konsumsi sehari-hari,” katanya.

Pemesanan 

jual jamur tiram di aceh
Rahmat dan Muhammad

Sebagai informasi, bagi anda ingin ingin mencicipi makanan dari jamur tiram dan ingin membeli jamur tiram mentah ini anda bisa saja langsung ke lokasi budidayanya di Desa Ulee Pusong, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen. 

Bisa juga delivery, dengan pemesanan via whatsApp Muhammad 085260654146 atau Rahmat 085291292922.

Post a comment for "Budidaya Jamur Tiram di Lahan Kecil, Pemuda Bireuen ini Raih Omzet Rp8 Juta Perbulan"