GfO5Tfd5TfO8BSr9GpdpGpW7Td==

5 Alasan Kenapa HP China Laris Manis di Indonesia


Acehviral.com - Hasil beberapa survey yang dilakukan di tahun 2019 menunjukkan bahwa merek-merek HP China terbaik telah menguasai pasar Indonesia.

Alasan Kenapa HP China Laris Manis di Indonesia
Salah satu pemilik konter HP yang menjual HP China

Dari survey Counterpoint, HP yang paling laris di Indonesia saat ini adalah Samsung dengan angka persentase mencapai 27%. Angka ini memang sedikit menurun yaitu turun 1% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 2018.

Di bawah Samsung ada empat merek HP China, yakni Xiaomi (21%), Oppo (17%), vivo (9%), hingga Realme (8%).

Berdasarkan survei Statcounter, Samsung juga mendominasi pasar disusul oleh HP Xiaomi dan HP Oppo.

Sedangkan hasil yang berbeda ditunjukkan oleh Canalys. Menurut survey Canalys, Oppo lah yang sekarang mendominasi pasar smartphone dengan angka 26%, berada sedikit diatas Samsung yang berada di kisaran angka 24%.

pemilik konter hp

Di bawahnya, masih ada Xiaomi (19%), vivo (15%), dan Realme (7%). Hal ini menunjukkan bahwa merek-merek China tengah mengepung Indonesia. Apa yang membuatnya bisa laris manis? Dilansir laman Jalantikus, berikut ulasannya:

1. Murah

Diakui atau tidak, faktor harga yang terjangkau menjadi alasan utama mengapa smartphone asal China menjadi pilihan masyarakat utama pada umumnya.

Dengan rendahnya harga ini, masyarakat menengah ke bawah di Indonesia pun memiliki kesempatan untuk memiliki smartphone Android berkualitas.

Ada beberapa alasan mengapa smartphone asal China bisa lebih murah dibandingkan smartphone asal Korea Selatan ataupun Amerika Serikat.

Salah satunya, mereka menggunakan komponen asli dari negaranya sehingga biaya produksinya lebih rendah.

2. Spesifikasi Cukup Mumpuni

Dengan harga yang murah, bukan berarti kita akan mendapatkan smartphone dengan spesifikasi rendah yang akan membuat penggunanya emosi.

Spesifikasi yang dimiliki bisa setara smartphone Samsung, namun dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut termasuk prosesor, RAM, jenis layar, kapasitas baterai, dan lain sebagainya.

Bahkan, tidak jarang smartphone asal China dengan harga yang lebih murah jauh memiliki spesifikasi yang lebih tinggi walau kadang harus mengorbankan kualitas body build-nya.

Selain itu, smartphone China juga tidak ketinggalan menghadirkan inovasi-inovasi yang sering kali menjadi pionir.

3. Varian HP yang Banyak

Salah satu keunggulan dari merek-merek smartphone China adalah banyaknya variasi yang bisa dipilih oleh pembeli.

Hal ini dilakukan agar mereka mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ada yang murahnya enggak ketolongan, tapi ada juga yang untuk kelas menengah ke atas dengan spesifikasi gahar.

Dengan banyaknya pilihan ini, kamu juga bisa memilih smartphone sesuai dengan kebutuhanmu.

Contoh, kalau butuh untuk main game, pilih HP dengan prosesor terbaru. Kalau hobi selfie, kamu bisa memilih smartphone dengan kamera terbaik.

4. Perubahan Persepsi Masyarakat

Dulu, kebanyakan masyarakat kita mengangggap barang-barang asal China jelek dan tidak berkualitas. Barang-barang China dianggap mudah rusak dan sama sekali tidak bisa diandalkan.

Berkat kemunculan smartphone-smartphone asal China, persepsi tersebut mengalami pergeseran dan orang mulai percaya bahwa China juga bisa memproduksi barang berkualitas baik.

Oleh karena itu, banyak orang yang merasa percaya diri meskipun sedang menggunakan HP China sebagai daily driver mereka.

5. Iklan yang Jor-Joran

Alasan terakhir yang mempengaruhi dominasi smartphone China adalah iklannya yang jor-joran.

Merek-merek seperti Oppo ataupun vivo tidak ragu untuk menggunakan artis ternama untuk menjadi brand ambassador mereka.

Memang merek seperti Xiaomi jarang menggunakan iklan, akan tetapi mereka punya basis penggemar yang besar sehingga barang mereka akan banyak dibicarakan tanpa beriklan.

Type above and press Enter to search.